Rabu, 20 Maret 2019

Perbedaan antara Ancaman dan Bahaya dalam Manajemen Keselamatan

Apa itu Bahaya? -  Hazard dalam safety management adalah kondisi yang menimbulkan bahaya bagi organisasi anda, dan dapat menyebabkan kecelakaan, insiden, atau kecelakaan lain jika tidak dimitigasi. Sebuah bahaya memenuhi semua kondisi sebagai berikut: 

1. Apakah kondisi berbahaya, seperti objek, situasi, keadaan, yang menimbulkan unacceptable level of danger
2.Terjadi satu kali dalam siklus hidup kecelakaan
3. Dapat menyebabkan terjadinya risiko secara langsung (mis. Kecelakaan keselamatan, kecelakaan, dll.)  

Meskipun kadang-kadang dibingungkan dengan hal-hal lain, seperti di bawah ini, bukanlah merupakan hazard:  

1. Benda jinak (burung, gunung, manusia), yang merupakan sumber berbahaya; 2. Kecelakaan keselamatan, yang merupakan cara lain untuk mengatakan terjadinya risiko;  3. Kerusakan, yang merupakan hasil dari terjadinya risiko; dan; 4. Tindakan berbahaya, yang terkait dengan mekanisme inisiasi.

Threat - Ancaman berarti sesuatu yang buruk akan menghampiri anda. Ada dua jenis ancaman (Threat) yang digunakan secara berbeda dalam konteks yang berbeda. yaitu:

1. Ancaman umum dan 2. Ancaman khusus
Apa itu Ancaman Umum Salah satu jenis ancaman adalah ancaman umum, yang mengacu pada jumlah bahaya dalam keadaan tertentu. Ini digunakan dalam konteks "Threat level" seperti;


Apa itu Ancaman Spesifik - Sebuah Ancaman juga bisa menjadi istilah umum untuk bahaya tertentu, seperti objek, situasi, perilaku, dll. Bahaya spesifik dapat diidentifikasikan sebagai:
  1.  Berkontribusi terhadap meningkatnya bahaya - seperti sumber berbahaya atau faktor penyumbang
  2. Mewakili bahaya aktual - seperti kejadian bahaya(Hazard Occurence) 

    Terkadang bahaya dan ancaman dapat digunakan secara bergantian. Perhatikan contoh sekawanan burung yang terbang di dekat pesawat terbang. Kawanan ini adalah bahaya dan juga ancaman.

    Dan risiko dinyatakan dalam berbagai cara berdasarkan pada apa yang anda gunakan untuk risiko: Operational risk, technical risk, financial risk, dll
     








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ERP (Emergency Response Plan)

ERP , yang merupakan singkatan dari Emergency Response Plan, adalah rencana yang mencakup beberapa perangkat SOP (prosedur operasi standar) ...